Semangat Mengisi Kemerdekaan Oleh Mahasiswa

Mahasiswa Laskar Tangguh melakukan kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat di dusun Sendangsari, Terong, Bantul, Yogyakarta. Ketua organisasi Laskar Tangguh, Meylia Veidiyanti, menjelaskan bahwa kegiatan pemberdayaan desa yang dilakukan ini adalah salah satu program turunan yang berasal dari kementrian Sosial Masyarakat BEM KM UNY.

Program ini rutin dilakukan dalam periode enam bulan dengan intensitas seminggu sekali untuk mengunjungi dusun tersebut, dimana ini merupakan insiatif mandiri dalam melaksanakan kegiatan sosial yang bekerjsama dengan pemerintah desa maupun dusun. Diharapkan dari kegiatan ini mahasiswa dapat belajar terjun langsung dalam melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang sosial, menumbuhkan rasa jiwa sosial, dan mengembangkan soft skill mereka dalam kerja sama tim.

Laskar Tangguh terbagi dalam beberapa divisi dalam menjalankan kegiatannya, yaitu Pengurus Inti, UNY Membangun, UNY Mengajar, UNY Berbagi, dan Humas dan Media. Seluruh divisi ini saling terikat satu sama lain untuk menumbuhkan solidaritas untuk bisa menjalankan seluruh kegiatan ini.

Kegiatan pemberdayaan desa yang dilakukan Laskar Tangguh disambut baik oleh masyarakat setempat Dusun Terong, Bantul. Kepala desa turut ikut menyambut dengan baik disertai antusias masyarakat sekitar. Mereka mendukung penuh kegiatan ini sehingga mereka pun ikut bekerja sama membantu menyukseskan kegiatan Laskar Tangguh UNY dalam kegiatan gotong royong dan perayaan HUT RI ke-75 yang diadakan pada tanggal 18 Agustus 2020 di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Bantul, Yogyakarta. Dalam rangkaian acara perayaan HUT RI (18/08) ini terdapat berbagai lomba yang diadakan oleh Laskar Tangguh UNY untuk semua kalangan.

Setidaknya ada 5 perlombaan yang diselenggarakan, dimulai dari lomba mewarnai untuk anak-anak yang dilaksanakan sekitar pukul 10.00 WIB. Lomba mewarnai ini diikuti dengan antusias oleh anak-anak usia PAUD sampai kelas 3 SD dengan pengambilan juara dikelompokkan menjadi 3 kategori, yaitu kategori PAUD, kategori TK, dan kategori SD. Kemudian pada sore harinya dilanjutkan dengan lomba balap karung serta sepak bola untuk pemuda. Lomba balap karung diikuti oleh para pemuda putri, sedangkan sepak bola diikuti oleh pemuda putra. Kedua lomba ini diselenggarakan di lapangan desa setempat. Setelah lomba balap karung usai, dilanjutkan dengan lomba tarik tambang yang dilakukan oleh ibu-ibu. Nampak sekali di raut wajah mereka semangat yang menggelora ketika berusaha memenangkan perlombaan tarik tambang tersebut. Pada malam harinya, rangkaian acara perlombaan peringatan HUR RI ke-75 ditutup dengan lomba bola voli untuk bapak-bapak yang berlangsung hingga larut malam.

Kegiatan ini merupakan wadah dalam memberikan aspirasi masyarakat dan mahasiswa, karena di sini lah ruang mahasiswa sebagai pemuda untuk langsung belajar membina dan menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat untuk memberikan manfaaat kepada lingkungan sekitar dengan aksi nyata.

Melalui kegiatan pemberdayaan yang dilaksanakan oleh Laskar Tangguh UNY ini, diharapkan bisa memotivasi masyarakat di lingkungan sosial untuk memiliki kesadaran akan pentingnya menuntut ilmu, serta untuk mahasiswa agar tidak sekedar melakukan aktivitas di lingkungan kampus tetapi juga menerapkan ilmunya kepada masyarakat dan mengabdi kepada negara di bidang sosial maupun pendidikan sesuai tri dharma perguruan tinggi.

Share This:
Categories: BEM NEWS

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *