KISAH TELADAN DARI PROFESOR

Prof. Ir. Moh. Khairudin, M.T., Ph.D. Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kerjasama Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Lahir di Tegal pada tahun 1979. Dikukuhkan sebagai Guru Besar di Bidang Ilmu Sistem Otomasi oleh Rektor UNY Prof. Dr. Sutrisna Wibawa M.Pd. pada Sabtu, 8 Agustus 2020 kemarin.

Prof Khairudin memiliki perjalanan hidup yang unik sebelum Beliau mendapatkan gelar yang sekarang disandangnya. Sejak masih menjadi mahasiswa sampai saat ini, Beliau bertempat tinggal di Desa Joho, Condong Catur. Dan di sana pula beliau menjadi seorang marbot Masjid Al-Amin yang setiap harinya membersihkan masjid, mempersipakan pengajian dan mengumandangkan adzan.

Semasa kuliah Prof. Khairudin selain menjadi marbot masjid juga berjualan tempe. Setiap pagi setelah subuh, beliau mengayuh sepedanya untuk mengambil dan mengantar tempe kepada pelanggannya. Setelah itu, Beliau akan kembali lagi ke Masjid Al-Amin untuk membersihkan masjid, kemudian berangkat ke kampus untuk mengikuti perkuliahan. Setelah pulang kuliah, Beliau kembali ke masjid untuk mengajar anak – anak mengaji huruf hijaiyah, diajarkannya pula tepuk anak salih, dan lagu anak TPA. Prof. Khairudin lulus S1 dengan cumlaude dan meneruskan kuliah S2-nya di ITS.

Beliau bukan orang yang gila jabatan, akan tetapi ketika bisa memberikan yang terbaik dengan kontribusi akan lebih baik. Beliau terinspirasi dengan kegiatan ospek yang menghadirkan orang – orang yang Beliau kagumi, lalu Beliau tuliskan nama dan gelarnya pada setiap buku yang Beliau miliki disertai dengan usaha dan doa yang selalu dipanjatkan.

Kekuatan terbesar dari aktivis kampus adalah berinterksi dengan Yang Maha Kuasa. Beliau menjadikan amalan mengaji dan sholat malam sebagai sarananya serta orang tua sebagai motivasi hidupnya.

Pesan Prof. Khairudin kepada para Mahasiswa, “Ketika ada waktu luang, harus diisi degan suatu kegiatan. Era milenial perlu semangat baru, akan tetapi jika ingin aktif dalam kegiatan kemahasiswaan jangan sampai melupakan akademis. ”

 

Sumber lain : https://muslimobsession.com/prof-khairudin-marbot-masjid-yang-kini-jadi-profesor/