Peletakan Batu Pertama Melupakan Masalah yang Lama

UNY Mulai Pembangunan Kampus Vokasi di Semanu - Tribun Jogja

Pada hari Jumat, 21 Februari 2020 telah dilaksanakan acara peletakan batu pertama pembangunan kampus UNY wilayah Gunungkidul yang dilaksanakan di Padukuhan Kepuh, Desa Pacarejo, Semanu yang nantinya akan menjadi lokasi kampus wilayah Gunungkidul. Namun sedikit disayangkan saat acara itu dilaksanakan, mahasiswa tidak turut serta diundang dalam acara tersebut.

Peletakan batu pertama menjadi awal pembangunan kampus Gunungkidul, yang pada tahun ini akan dibangun 1 gedung perkuliahan 4 lantai. Target dari birokrasi pembangunan gedung tersebut akan selesai pada bulan Agustus. Namun, bagaimana dengan pengadaan fasilitas penunjang di kampus Gunungkidul apakah bisa terpenuhi seiring dengan selesainya gedung tersebut hingga bisa digunakan untuk kegiatan perkuliahan dan praktikum ?

Target Agustus Rampung, Pembangunan Kampus UNY Gunungkidul Resmi ...

Berkaca dari permasalahan kampus Wates yang sampai sekarang masih terdapat banyak kekurangan dalam kesiapan sarana dan prasarana. Jika kampus Gunungkidul memiliki masalah serupa, akan memaksa mahasiswa untuk melangsungkan perkuliahan Gunungkidul-Pusat tentunya berimbas pada kerugian material dan waktu. Padahal tujuan awal pembangunan kampus Gunungkidul untuk pemerataan pendidikan namun malah meninggalkan kualitas pendidikan itu sendiri.

Jika hal itu sampai terjadi artinya birokrasi terlalu ceroboh dalam mengambil keputusan hingga berani mempublikasikan pembangunan besar-besaran secara masif. Bahkan mahasiswa secara umum belum mengetahui urgensi dibangunnya kampus wilayah baru di gunung kidul yang terkesan menjadi sebuah proyek eksklusif UNY di tahun 2020 ini.

Apakah ada tujuan yang harus di kejar oleh birokrasi hingga berani mengambil tindakan yang bisa jadi menghilangkan kualitas pendidikan dan terkesan abai terhadap masalah internal UNY yang belum terselesaikan?

Atau ada maksud dan kepentingan lain dari birokrasi terhadap daerah gunung kidul?

Share This:

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *