FORKOM ORMADA#3

Sudah hampir genap 4 bulan kegiatan kampus dirumahkan akibat dari pandemi yang sedang bergejolak akhir-akhir ini, banyak hal yang tidak disangka-sangka harus ditunda juga banyak agenda yang harus dibatalkan. Pada masa pandemi seperti ini memang cukup sulit untuk melakukan berbagai hal, tetapi itu bukan menjadi alasan bagi kita semua untuk tidak saling menjaga dan tetap mempererat tali silaturahmi kita di kondisi seperti sekarang ini. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan menjaga komunikasi kita satu sama lain melalui kegiatan forum komunikasi secara online. Forum Komunikasi Organisasi Mahasiswa Daerah UNY (Forkom Ormada UNY) merupakan salah satu program kerja penunjang dari Kementerian Dalam Negeri BEM KM UNY yang dilaksanakan oleh Dirjen Kerabat Ormada. Forkom Ormada UNY adalah bentuk utama dari progam kerja Forum Internal Kampus. Forum ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk berdiskusi guna menemukan solusi efektif dari sebuah permasalahan yang terkait dengan Ormada di UNY seperti data mahasiswa baru, UKT, dan PKKMB.

Melihat semangat dari para pengurus Ormada UNY untuk saling berbagi antar Ormada, serta Kementerian Dalam Negeri BEM KM UNY yang mencoba untuk mewadahi melalui Forkom Ormada UNY. Dikarenakan pandemi yang menyebabkan pembatasan kegiatan mengumpulkan orang banyak secara fisik, maka kegiatan Forkom Ormada UNY dilangsungkan secara daring. Bila pada pelaksanaan sebelumnya Forkom Ormada UNY dilaksanakan dalam Whatsapp Grup, Forkom Ormada #3 dilaksanakan menggunakan platform yang berbeda dari biasanya. Forkom Ormada #3 dilaksanakan melalui platform Google Meet karena penggunaan platform panggilan video dirasa lebih mampu menghadirkan pertukaran informasi yang lebih efektif antara setiap peserta Forkom. Forkom Ormada #3 dilaksanakan karena melihat situasi serta kondisi yang terjadi di dalam kampus selama setengah tahun seperti penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN dan akan dilaksanakannya PKKMB secara daring.

Forkom Ormada #3 ini dilaksanakan pada hari senin 29 Juni 2020 pukul 19.30-21.00, dalam acara ini turut dihadiri pula oleh Ketua BEM KM UNY beserta para menteri, perwakilan DPM KM UNY, serta para perwakilan ormada UNY seperti Kemabi (Bima), Rudat UNY (Lombok), UNY Jabo (Jakarta-Bogor), Humanys (Sragen), IM2U (Magelang), Sanak Lampung (Lampung), KMB UNY (Banjarnegara), Sahabat Bersenyum (Temanggung), dan lain sebagainya dengan total peserta sampai 56 orang, untuk acaranya sendiri. Forkom Ormada #3 ini dilaksanakan secara daring melalui platform Google Meet, kami memilih platform tersbeut karena memiliki kapasitas hingga 100 orang dan tanpa batasan waktu.

Dalam pelaksanaan acara Forkom Ormada #3 ini cukup banyak perwakilan ormada yang antusias dengan melemparkan berbagai pertanyaan mengenai kondisi di kampus, kebijakan-kebijakan kampus serta info-info yang menunjang keberlangsungan ormada di kampus, di sisi lain pihak perwakilan PHPI Bem KM UNY juga dengan sigap menjawab seluruh pertanyaan yang dilontarkan tersebut, alhasil setelah acara tersebut diselenggarakan dan masing-masing perwakilan Ormada dimintai kesan serta feedback acara Forkom Ormada #3, hampir seluruh kesan dan feedback yang didapatkan merupakan hal yang positif, tidak sedikit pula mereka memberikan masukan untuk acara Forkom Ormada selanjutnya.

Share This:
Categories: BEM NEWS

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *